Jumat, 21 Agustus 2015

KALEIDOSKOP KEPENULISAN DALAM KENANGAN

KALEIDOSKOP KEPENULISAN DALAM KENANGAN


Kolom


CERITA Pendek (Cerpen) saya yang kesekian kali namun perdana dipublikasikan di media massa berjudul ":-Mengibas Setetes Kabut" (dimuat di Haluan Minggu, 31 Mei 1992) bagian dari Rubrik "Remaja Minggu Ini" (RMI),Haluan, Padang...
Yang menakjubkan.. Cerpen ini saya kirim sekitar Agustus 1991 atau beberapa bulan setelah lulus SMA...(9 bulan menunggu).. 
Sungguh waktu yg lama dan seakan sudah lupa ; dimuat atau dibuang oleh Redaktur saat itu. Ketika dimuatpun, saya diberitahu oleh teman kuliah satu hari setelah tanggal pemuatan. Sehingga utk mencari koran ---yang lewat satu hari--- ini pun saya harus kerja keras mendapatkannya. Maklum, nggak ada duit utk berlangganan.
Ternyata, Cerpen perdana ini, adalah langkah awal terus berkarya. 
Sedangkan puisi perdana saya yang dipublikasikan berjudul "Di Kelas Berisik" (dimuat tahun 1994), sayang klipingnya tdk bertemu..Tapi yang pasti ---dan saya masih ingat--- yang mengulas dan mengkritik puisi perdana saya kala itu adalah Uda Yurnaldi Paduka Raja (Yurnaldi).
Beliaulah lah pertama kali menyebutkan saya "penyair" dalam ulasan beliau waktu itu.... Sungguh tersanjung! (Terima kasih, Da Nal).
Sayangnya tahun 2002, saya mempensiunkan diri dari dunia kepenulisan semenjak menjalankan Jabatan sebagai Notaris di salah satu kota di Sumatera Barat..

Tidak ada komentar: